kunjungan industri
KATA
PENGANTAR
Puji syukur selalu terpanjatkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa, karena berkat Dialah kami mempunyai kesempatan untuk menyusun laporan
kunjungan industri ke PT. Herlinah Cipta Pratama Garut, Jawa
Barat - Indonesia yang diadakan pada tanggal 19 bulan april tahun 2018 .
Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada kekasih kita semua Nabi Muhammad
yang telah membawa kehidupan dari zaman antah berantah ke zaman kerlap kerlip
lampu dan rumah mewah.
Laporan kunjungan industri ini kami susun untuk
memenuhi tugas kami sebagai mahasiswa, juga sebagai salah satu syarat untuk
mengikuti Ujian Akhir semester. Laporan ini disusun berdasarkan data-data yang
kami kumpulkan dengan berbagai metode untuk memastikan kevalidan informasi yang
telah ada.
Kami haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak
yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam penyusunan laporan
kunjungan industri ini. Terutama kepada Bapak Rifqi
Arief Aminullah, S.E M.M sebagai
Dosen kami dalam menyelesaikan laporan ini.
Akhirnya, kami sadar betul bahwa penyusunan laporan
ini masih jauh dari kata baik, masih ada kekurangan di berbagai sisi sehingga
kami sangat mengaharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca guna
perbaikan diri di kesempatan berikutnya.
Demikian kami sampaikan, besar harapan kami laporan
ini dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.
Ciamis , 04 juni 2018
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang kunjungan industri perusahaan
Kunjungan
industri merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa sebagai tuntutan kurikulum
untuk membekali mahasiswa/i dengan berbagai pengetahuan mengenai dunia bisnis
dan manajemen sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi lulusan yang
professional. Untuk menjadi lulusan yang professional tentu dibutuhkan banyak
keterampilan terutama yang berkaitan dengan dunia bisnis dan manajemen.
Sebagai
mahasiswa, khususnya dalam bidang Manajemen Bisnis Syariah , mahasiswa/i sudah
sangat banyak mendapat materi kuliah yang berkenaan dengan Manajemen operasi.
Sudah selayaknya bagi mahasiswa manajemen bisnis syariah tidak hanya memahami
teori yang ada, namun juga ikut andil dalam meninjau lapangan yang
sebenarnya. Oleh karena itu Instut Darussalam ciamis mengadakan kegiatan kunjungan industri.
Diharapkan mahasiswa/i mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan melakukan
pengamatan atau percobaan.
Kunjungan
industri juga menjadi salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahunnya. Maka
dari itu mahasiswa/i wajib mengikuti kegiatan ini. Kunjungan
industri hanya sebatas melakukan observasi pada suatu industri saja.
Melakukan pengamatan dan tanya jawab kepada narasumber secara langsung.
Indonesia sebagai salah satu negeri dengan penduduk
terbesar di dunia kini menjadi sasaran empuk bagi pasar dunia. Tidak bisa
dipungkiri keadaan ini tersebut mengakibatkan banyaknya perusahaan-perusahaan
internasional yang berlomba-lomba mendirikan perusahaan di indonesia, contohnya
seperti PT. Herlinah Cipta Pratama Garut, Jawa Barat - Indonesia
Kita semua telah tahu bahwa produk dodol, yaitu makanan cemilan atau peremennya
indonesia kareana dodol itu produk indonesia asli yang sangat biasa kita temui
di warung warung dan toko-toko khusus yang sering dikinsumsi warga indonesia.
Bahkan apabila telah melakukan berpergian atau berkunjung ke daerah garut dan
bandung itu pasti banyak yang menjual dodol. Oleh karena itu apa bila telah
berkungkung ke daerah yang itu pasti
akan membeli dodol karena untuk sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah maupun
sanak sodara.
Selain itu
dengan diadakannya kegiatan kunjungan industri ini, diharapkan mahasiswa/i mengetahui lebih jauh bagaimana sebenarnya
dunia usaha atau dunia industri itu dijalankan. Selain itu kegiatan kunjungan
industri juga sebagai simulasi dunia bisnis dan manajemen yang nyata agar
nantinya mahasiswa terbiasa ketika benar benar terjun di dunia bisnis dan
manajemen. Disisi lain, pihak Perguruan Tinggi juga menginginkan adanya dampak
jangka panjang dari diselenggarakannya kegiatan kunjungan industri ini salah
satunya dalam rangka penyaluran para lulusan yang professional dan memiliki
kemampuan yang produktif dan siap bersaing di dunia bisnis dan manajemen.
1.2 Tujuan kunjungan industri
Ada
beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi mahasiswa/i sebagai
berikut:
1. Memperluas
pengatahuan mahasiswa/i dalam lingkungan dunia kerja.
2. Memotivasi mahasiswa/i agar mempunyai minat
bekerja di perusahaan.
3. Memberi informasi
tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan dengan mengunakan Aplikasi 10
keputusan manajemen operasi.
4. Mendorong mahasiswa/i agar mempunyai rasa
kedisiplinan dan tanggung jawab.
1.3 Manfaat Kunjungan Industri
Adapun
beberapa manfaat kunjungan industri diantara lain :
A. Bagi mahasiswa/i
1.
Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas pada dunia kerja.
2.
Melihat cara kerja, dan berbagai macam alat – alat produksi yang sudah cukup
modern
3.
Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.
B.
Bagi Lembaga Perguruan Tinggi
1.
Memberlakukan tata tertib yang tegas bagi mahasiswa/i.
2.
Sebagai bahan yang dapat dijadikan referensi dan bahan acuan bagi almamater
IAID dalam membuat laporan kunjunga industri.
C.
Bagi Industri Perusahaan
1.
Dapat berbagi ilmu dengan mahasiswa/i mengenai produk - produk yang dihasilkan
perusahaan.
2.
Mengajak dan memperlihatkan proses produksi bagi mahasiswa/i
4.
Memperkenalkan keberadaan perusahaan kepada mahasiswa/i dan masyarakat luas.
1.4.Waktu Pelaksanaan Kunjungan Industri
Waktu pelaksanaan kunjungan industri ke PT.
Herlinah Cipta Pratama Garut, Jawa Barat - Indonesiayaitu Pada
Tanggal 19 April 2018
1.5.Lokasi Kunjungan Industri
PT.
Herlinah Cipta Pratama
Jl. Pasundan 102 Garut Jawa Barat
Telepon :
Telp : 0262 - 240717 / 0262 - 232512
Fax : 0262 - 232793
Pin BB : 7CAFF5A8
Email : picnic_hcp@yahoo.com
Jl. Pasundan 102 Garut Jawa Barat
Telepon :
Telp : 0262 - 240717 / 0262 - 232512
Fax : 0262 - 232793
Pin BB : 7CAFF5A8
Email : picnic_hcp@yahoo.com
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil perusahaan yang dikunjungi
PT.Herlinah cipta pratama didirikan
sejak 1949 dan Sejak lama, Garut
terkenal sebagai penghasil makanan Dodol yang memiliki cita rasa yang khas.
Produk tersebut banyak digemari masyarakat luas. Potensi inilah yang mendorong
H. Iton Damiri merintis usaha pembuatan Dodol Garut pada tahun 1949. Pada waktu
itu perusahaan masih berskala rumah tangga dengan jumlah tenaga kerja sebanyak
5 orang dan daerah pemasarannya hanya di sekitar kota Garut saja. Merk yang
dikeluarkan pada saat itu adalah Halimah yang kemudian diganti pada tahun 1950
menjadi Fatimah. Perusahaan terus melakukan pengembangan produk dan perluasan daerah
pemasaran yang meliputi kota-kota besar di Pulau Jawa di tahun 1955.
Pada tahun 1957 H. Iton Damiri
mengajak adiknya, Aam Mawardi untuk bekerja sama. Pada saat yang bersamaan,
nama perusahaan yang dipakai adalah Herlinah dengan merk dagang PICNIC. Pada
tanggal 14 Juli 1959, PICNIC resmi terdaftar di Direktorat Patent. Kemudian
pada tahun 1969, pemasaran PICNIC mulai mencapai daerah-daerah di luar Jawa.
Kemajuan ini menyebabkan perusahaan lain berlomba-lomba mengikuti jejak PICNIC
memproduksi dodol. Pada tahun 1972 Aam Mawardi meninggal dunia, dan digantikan
oleh adiknya, H. Muksin. Setahun kemudian, pada tahun 1973 perusahaan melakukan
desain ulang kemasan untuk menghindari terjadinya pemalsuan akibat adanya
persaingan tidak sehat.
Pada tahun 1979, perusahaan
mengalami kemajuan yang cukut pesat sehingga mendorong untuk mendirikan pabrik
di Jalan Pasundan no. 102 agar dapat meningkatkan kapasitas produksinya. Pada
tahun 1986, status perusahaan perseorangan diubah menjadi perusahaan berbadan
hukum Perseroan Terbatas dengan nama perusahaan PT. HERLINAH CIPTA PRATAMA.
Pada tahun 2000, H. Ato Hermanto
dipercaya menjadi Direktur perusahaan. Sejak saat itu juga perusahaan melakukan
berbagai upaya pengembangan dalam berbagai bidang di perusahaan salah satunya
adalah dengn munculnya berbagai macam rasa Dodol PICNIC. Hingga saat ini
perusahaan sudah mampu menyerap tenaga kerja sekitar 250 orang. Kapasitas
produksi berkisar 4-6 ton per hari dengan cakupan pemasaran meliputi hamper
seluruh wilayah kota besar di Indonesia.
Sekarang
PT.Herlinah Cipta Pratama mempunya 3 item produk unggulan:
1.
PICNIC Spesial
2.
PICNIC Standar.
3.
PICNIC Economi Pack
Untuk
dapat memenuhi permintaan pasar PT.Herlinah Cipta Pratama saat ini menggunakan
modal dalam negri dan bantuan pihak perbankan. BNI adalah bank pertama yang
dituju pabrik dodol ini sebagai tempat mendapatkan pinjaman. Saat ini PT.
Herlinah Cipta Pratama telah dipercaya BNI untuk menerima kredit sebesar Rp.1,5
miliar. Hubungan dengan BNI juga telah terjalin sejak puluhan tahun lalu.
Karena hubungan yang telah begitu lama terjalin, PT. Herlinah Cipta Pratama dan
BNI hubungannya sampai sekaramg seperti keluarga. Untuk mencapai keberhasilan
PT. Herlinah Cipta Pratama telah mendirikan pabrik modern yang berdiri tahun
1979 dengan luas kira-kira 5.000 m persegi di Jalan Pasundan No. 102 Garut
44112 Jabar Indonesia. Kini PT. Herlinah Cipta Pratama telah mempekerjakan tak
kurang 200 karyawan dengan kapasitas produksi 1.800 ton perbulan.
Dukungan
yang kuat dari distribusi dan jaringan pemasaran yang luas, produksi PT.
Herlinah Cipta Pratama memungkinkan mengakomodif seluruh wilayah di indonesia
dan negara- negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dll .
a. Produck List PT.Herlinah Cipta Pratama
PICNIC
adalah perusahaan Industri sekaligus merek dagang untuk barang yang
dihasilkannya merupakan barang jadi, terdiri dari berbagai jenis produk
berkuaitas. Untuk memenuhi berbagai kalangan. PICNIC memproduksi 3 jenis
segmentasi yaitu : Picnic Spesial, Picnic Standard, dan Picnic Ekonomi Pack.
•
Picnic Spesial
Terbuat
dari bahan baku pilihan, tanpa baham pengawet, dan diolah secara modern,
menjadi sebuah produk dengan bahan yang lezat dan dipackging dengan ekslusif,
sangat cocok bagi anda yang selera dan citra rasa tinggi sebagai bingkisan yang
bernilai.
•
Picnic Standard
Produk
pertama kali diluncurkan sejak tahun 1970. Formulasi yang dipertahankan hingga
saat ini resep nenek moyang untuk menjamin produk ini memiliki kualitas citra
rasa asli dodol garut PICNIC. Dengan empat rasa dalam kemasan Susu, Cokelat,
Wijen, Durian.
•
Ekonomi Pack
Produk
pertama kali diluncurkan sejak tahun 1970. Formulasi yang dipertahankan hingga
saat ini resep nenek moyang untuk menjamin produk
ini
memiliki kualitas citra rasa asli dodol garut PICNIC. Dengan empat rasa dalam
kemasan susu, cokelat, wijen,durian.
B.
Aplikasi 10 keputusan dalam manajemen operasi di PT. Herlina Cipta Pratama
Manajemen
kualitas yang diharapkan konsumen terhadap produk dodol garut ini ya itu dengan
cara menahan kualitas dari asal mula dodol garut di buat agar supaya bisa
membadakan dari dodol garut yang lain selain dodol picnic yaitu dengan cara
memilih bahan baku yang bangus seperti memilih kelapa yang tebal agra supaya
santan yang dihasilkan bagus dan banyak, beras ketang yaitu yang dihasilkan
dari daerah garut sendiri karena beras
ketan yang dihasilkan dari daetah garut itu rasanya lezat dan kenyal, dan gula
nya itu harus bermutu baik jadi tidak sembarangan gula putih yang ada haya gula
yang bermutu baik yang digunakan. Jadi bisa di simpulkan yang minta oleh
konsumen dodol picnic garut yaitu kulitas dan kuantitas.
Desain
produk barang dan jasa yaitu merancang produk sesuai dengan standar kualitas,
kendala biaya dan SDM di PT. Herlianah dalam kulitas dodol PICNIC itu selalu
dipertahankan dari dahulu hingga sekarang sehingga dodol garut berbada yaitu
dari tektur,aroma dan rasa karena dari bahan nya pun dipilih sehinga dodol
garut berbeda. Seperti dalam memilih beras ketan, kelapa, gula pasir itu selalu
ditekan agar supaya rasa nya dodol picnic itu memiliki rasa yang berbeda dengan
dodol lainya, dalam segi biaya produksi dodol picnic itu H.Aam muawadi dalam
memilih bahan baku selalu di lakukan agar supaya kualitasnya bertahan.
Desain
proses dan kapasitas dalam merancang proses untuk mewujudkan produk dan
etismasi kapasitas produksi pada kepusan ini perusahaan mendisen kembali
kemasan dodol yang pada tahun 1973 karena bada saat itu banyak yang meniru
dodol garut pada waktu itu namanya masih bernama Herlina dan pada saat itu
banyak yang memalsukan dodol nya dan akibatnya dapat mengakibatkan persaingan
tidak sehat, jadi tujuan mengganti desain kemasan yaitu untuk menghindari
peniruan produk dodol garut dan hal ini pula menjadi awal perjalannya kemajuan
perusahaan ini karena setelah mendisein ulang ini semakin banyak permintaan
akan produk dodol PICNIC, dan pada saat tahun 2000 melakukan inovasi rasa dodol
sehingga permintaan semakin banyak dari seluruh warga indonesia sampai ada yang
meminta sampai luar negeri sehingga dalam sehari bisa memproduksi mencapai 3-5
ton sehari.
Pemilih
lokasi agar dalam kedekatan dengan material, SDM, atau konsumen, letak
perusahaan Herlinah yang berletak di JL.Pasudan No 102 kota Garut ini sangat
tepat ( pas) lokasinya dengan bahan baku produksi karena beras ketan yang
berasal dari kota Garut sendiri dan kelapanya yang digunakan dari kota Ciamis
karena kelapa yang ada di Ciamis itu memiliki kulitas santan yang bangus dan
rasanya ngurih dan pemasaran nya pun bagus kerana dekat dengan tempat-tempat
oleh-oleh khas Garut.
Desain
tata letak dalam merancang sistem produksi agar efesien dan efektif, desain
tatak letak perusahaan Herlian sudah pas kerena letak pengolaan bahan baku,
bahan setengan jadi dan bahan jadi itu dekat dan ditambah dengan SDM yang
bangus dan sudah memiliki keahlian dibidang nya dan ditambah dalam melakukan
pemotongan bahan jadi dan pengemasannya bengitu cepat sehingan bisa
menyembangkan terhadap permintaan konsumen di pasar.
Sistem
kerja dan SDM dalam penentuan sistem kerja dan SDM yang dibutuhkan, pada saat
H. Atom Hermanto menjadi direktur perusahaan membuat perusahaan semakin
berkembang, karena seorang manajer perusahaan harus bisa mangatur dari mulai
oprasi produsi sampai pengelolaan SDM nya
dan pada itu berhasil dilakukan di perusahaan Herlina yaitu dengan bukti
produksi dalam sehari sampai 3-5 ton sehari dengan waktu yang efeksi karena SDM
nya sudah ahli yang baik dan ditambah dengan sering diadakan
pelatihan-pelatihan di waktu-waktu tertentu sehingan bisa meningakatkan
SDM yang ada diperushaan yang
dibutuhkan.
Manajemen
rantai pasokan dalam pengeloaan penyediaan ( suplai ) bahan produksi (bahan
mentah, bahn setengan jadi, peralatan ). Perusahaan menyediakan bahan baku
beras ketang yaitu sebanyak 100 ton dan apabila setok sudah terpakai setengah
terpakai ( 50 ton) maka perusahan akan membeli lagi bahan baku tidak menunggu
bahan baku habis. Dan bahan baku yang setengah jadi dinamakan dodol ngora. Dan
pemasakan dodol itu kurang lebih mencapai 3 jam kemudian untuk proses
pemotongan dodol itu dilakukan esok harinya. Dalam melakukan perawatan
peralatan perusahaan dilakukan satu tahun sekali dengan tujuan agar supaya
peraltan perusahaan terjaga dengan baik agar supaya dalam peroses produksi dengan
waktu yang efesien.
Persedian
dalam pengelolaan penyimpanan bahan mentah, bahan setengah jadi, bahan jadi,
dilakukan pengelaan bahan baku mentah, setengan jadi dan bahan jadi dilakukan
secara teratur agar suapa kulitas dodol nya itu selalu baik dan agar supaya
permintaan konsumen pun bisa selalu terhubung dengankulitas yang baik.
Penjadualan
dalam pengelolaan jadual produksi yang layak, efesien. Jadwal yang dilakukan
didalam perusahaan dalam proses produksinya dan yang lain nya itu sangat
penting yaitu selalu di tekan dan selalu di siplin sehingga tujuan agar
tercapai target produksi denganwaktu yang efesien dsn hasil produksi yang
memiliki kualitas yang sesuai dengan permintaan dari pasar dan konsumen
sehingga semakin di percaya dan di sukai oleh para konsumen.
Pemilaharaan dalam
Pengelolaan penggunaan fasilitas dan peralatan. Perusahaan selalu melakukan
pemeliharaan terhadap fasilitas dan peralatan yang ada setiap satu tahun sekali
secara rutin sehingga fasilitas yang ada di perusahaan itu selalu terjaga
kegunaannya dan tidak cepat ruksak. Kecuali kalau ada fasilitas atau peralatan
yang rusak maka harus cepat di tangani dan di ganti jika harus diganti.
Sehingga fasilitas dan peralatan yang di gunakan terhadap operasi perusahaan
mendukung.
C.
KEBUDAYAAN PERUSAHAAN PT. HERLINA CIPTA PERATAMA
1.
Kedermawanan
Perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama yaitu Bapak
H.Iton Damri dan Aam Mawardi yang merupakan adik kakak, sehingga PT. Herlinah
Cipta Pratama bisa bertahan seperti saat
ini karena mereka para pendiri perusahaan masih mempertahankan nilai-nilai dan
budaya perusahaan itu. Pencapaian pada beberapa tahun ini atau beberapa bulan
ini karena berkat dari amal-amal soleh para pendiri. Bapak H.Iton Damri lebih
yang kepada masalah spritual, dan bapak Aam Mawardi lebih kepada sosial, mereka
berdua sangatlah dermawan. Selain dari kedermawanan yang dilakukan oleh para
pendiri perusahaan, pendiri perusahaan juga selalu melakukan tausyiah dan
selalu berikhtiar serta berupaya untuk mencapai kesuksesan dan berkat izin dari
Allah maka perusahaan PT. Herlinah
menjadi maju dan bersinar seperti sekarang ini.
2.
Kekeluargaan
Pendiri
perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama yaitu H.Iton Damri dan Aam Mawardi
dahulunya memang memiliki perusahaan masing-masing yang pada akhirnya bergabung
dan menjadi pilar perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama. H.Iton Darmawan dan
Aam Mawardi mengkondisikan perusahaan ini menjadi sebuah keluarga dan pada
akhirnya ada nilai kekeluargaan yang mana
hal ini sangat relevan untuk menyelesaikan persoalan dan memecahkan
masalah. Budaya kekeluargaan PT. Herlinah Cipta Pratama tidak bisa dihilangkan
karena PT. Herlinah Cipta Pratama merupakan perusahaan keluarga maka selalu ada
tempat untuk anggota keluarga besar untuk dapat berkarir dan menuangkan ide. Hal apapun yang menyebabkan
adanya rasa iri antar anggota keluarga sebesar apapun tidak berlanjut kepada konflik,
karena perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama didasari dengan budaya
kekeluargaan.
3.
Profesionalisme
Walaupun
pada perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama terdapat beberapa keluarga pendiri
yang diantaranya bekerja di perusahaan akan tetapi tetap dituntut untuk bisa
profesional sebagaimana karyawan yang lain karena SOP harus tetap dipatuhi oleh
semua karyawan tanpa terkecuali sekaligus sebagai proses manajemen yang dapat
berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang baik.
4.
Gotong Royong
Tercermin dalam
budaya kerja di PT. Herlinah Cipta Pratama dimana lebih kepada sifat gotong
royong dalam artian setiap pekerjaan harus dilakukan secara bersama-sama agar
dapat menghasilkan sesuatu yang baik. Hal ini diperlukan agar tujuan dari
perusahaan dapat tercapai dengan hasil yang diharapkan dengan melibatkan segala
lini di perusahaan.
5.
Kerja Keras
Pada saat
itu pendiri perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama belum mengetahui mengenai
manajemen dan hanya mengetahui bahwa pertama-tama dalam merintis usaha harus bekerja
keras, jujur, serta gaul dalam artian menjaga silaturahmi. Kerja keras disini
bahwa perusahan PT. Herlinah Cipta Pratama harus siap menghadapi
pesaing-pesaing dengan produk dodol serupa baik itu di Daerah Garut maupun
diluar Garut dengan cara melakukan inovasi, ide, dan kreatifitas yang
dituangkan dalam diferensiasi produk baik itu pada packaging maupun varian rasa
produk dodol yang dapat menjadi pembeda dari kompetitor lain dengan produk yang
serupa terhadap pasar sasaran tertentu.
6.
Kejujuran
Nilai kejujuran
dilaksanakan dalam konteks semua pekerjaan, seperti di bagian keuangan,
produksi dan bidang lainnya karena kejujuran merupakan hal utama yang akan
mempengaruhi keberlangsungan perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama.
7.
Gaul
(Silaturahmi)
Budaya perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama yaitu dengan istilah gaul atau
menjaga silaturahmi kepada masyarakat garut, seluruh awak media, dan Kepada
publik umum lainnya.
KESIMPULAN
PT. Herlina cipta pratama sudah
mempunyai dan sudah menerapkan sepuluh prinsip keputusan manajer dengan baik.
Itu semua dibuktikan ketika angkatan H Ato Hermanto ketika menjadi direktur
perusahaan yang bisa membuat perusahaan semakin berkembang pesat, karena
seorang manajer perusahaan harus bisa mangatur dari mulai operator produksi
sampai ke pengelolaan SDM dan itu berhasil diterapkan perusahaan di PT. Herlina
dengan bukti perusahaan sudah bisa memperoduksi dodol 3-5 ton perhari dengan
waktu yang efesien dan efekti karena SDM nya sudah memiliki keahlian yang baik
dan ditambah sering diadakan pelatihan-pelatihan di waktu-waktu tertentu untuk
bisa meningkatkan SDM yang di butuhkan perusahaan. Kebudayaan di terapkan oleh
PT. Herlina itu bagus yaitu dengan istilah gaul atau menjaga silaturahmi kepada
masyarakat garut, seluruh awak media, dan Kepada publik umum lainnya.
Komentar
Posting Komentar